MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN

24 Jan

Yektiningtyastuti*

Seperti diketahui bersama bahwa penelitian adalah merupakan bagian dari pemecahan masalah. Lalu apa sebenarnya masalah penelitian itu? Menurut Notoatmodjo (2002) masalah penelitian secara umum dapat diartikan sebagi suatu kesenjangan (gap) antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang sesuatu hal, atau antara kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi serta antara harapan dan kenyataan. Pengertian serupa juga dikemukakan oleh Danim (2003) yang menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan masalah penelitian keperawatan adalah suatu kesenjangan atau diskongruensi antara kenyataan dan harapan di bidang keperawatan. Seperti dapat dilihat dalam kenyataan sehari-hari, dalam memberikan pelayanan keperawatan/ kebidanan, seorang perawat/ bidan dituntut untuk selalu menerapkan komunikasi yang terapeutik, namun apa yang terjadi? Masih sering kita temukan perawat/ bidan yang belum menerapkan komunikasi teraputik ini. Perawat/ bidan dituntut untuk selalu empati akan penderitaan pasien, kenyataannya belum dapat ber-empati terhadap penderitaan pasien yang dirawatnya.
Notoatmodjo (2002) menyebutkan bahwa pada hakikatnya masalah penelitian kesehatan adalah segala bentuk pertanyaan yang perlu dicari jawabannya, atau segala bentuk rintangan dan hambatan atau kesulitan yang muncul pada bidang kesehatan. Jika seorang dosen mau sedikit mencermati, seringkali dosen menemukan banyak sekali kesenjangan antara teori yang diajarkan di kelas dengan kenyataan yang ada di lapangan tempat praktik mahasiswa, baik di rumah sakit, klinik maupun di masyarakat. Bahkan tidak jarang dosen keperawatan/ kebidanan sering mendapatkan pertanyaan dan protes dari mahasiswanya, karena kesenjangan ini. Dengan demikian, betapa banyak dan kompleksnya masalah penelitian yang dapat ditemukan oleh dosen keperawatan/ kebidanan.

KEPEKAAN TERHADAP MASALAH PENELITIAN
Meskipun masalah penelitian itu selalu ada dan banyak, menurut Notoatmodjo (2002) belum tentu mudah mengangkatnya sebagai masalah penelitian, diperlukan kepekaan terhadap masalah penelitian. Kepekaan ini dipengaruhi oleh minat dan pengetahuan atau keahlian. Minat dan pengetahuan atau keahlian itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain :
1. Profesi
Profesi atau bidang pekerjaan seseorang dapat menjadi sumber minat untuk melakukan penelitian. Semakin sering seseorang terpapar dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan profesinya, akan semakin mendorong orang tersebut berminat untuk menyelesaikannya.
2. Spesialisasi
Keahlian khusus seseorang akan menyebabkan orang tersebut lebih peka tehadap masalah yang berkaitan dengan keahliannya. Misalnya, seorang perawat spesialis jiwa, akan lebih peka terhadap masalah-masalah kesehatan jiwa pasien yang dirawatnya, meskipun pasien tersebut dirawat di rumah sakit umum dengan bukan karena gangguan jiwa. Sebagai contoh, ketika seorang pearwat spesialis jiwa, menemukan pasien yang akan dioperasi terlihat gelisah, maka dengan cepat perawat tersebut akan dapat melihat bahwa pasiennya sedang mengalami kecemasan berat.
3. Akademis
Seseorang yang telah mengalami program pendidikan yang lebih tinggi, biasanya telah mendalami tentang salah satu disiplin ilmu pengetahuan. Dengan penguasaan ilmu ini, orang tersebut cenderung lebih peka mengenali masalah dalam bidang keahliannya.
4. Kebutuhan dan Praktik Kehidupan Sehari-hari
Seseorang yang cenderung menaruh perhatian akan kebutuhan dan praktik kehidupan sehari-hari akan lebih peka terhadap masalah yang muncul.
5. Pengalaman Lapangan
Seseorang yang mempunyai banyak pengalaman lapangan akan menambah kepekaannya terhadap masalah di bidangnya.
6. Bahan Bacaan atau Kepustakaan
Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berpikir seseorang, sehingga wawasannya akan semakin luas dan semakin mampu menggunakan penalaran dan pola berpikir kritisnya semakin berkembang. Dengan berpikir kritis ini, selanjutnya akan meningkatkan kepekaan seseorang terhadap masalah.

MEMILIH MASALAH PENELITIAN
Banyaknya masalah penelitian yang sering ditemukan dalam pelayanan keperawatan/ kebidanan, seringkali membuat seorang peneliti harus memilih masalah penelitian yang paling layak diantara beberapa masalah tersebut. Hal yang penting dijadikan pegangan dalam memilih masalah penelitian ini adalah bahwa keputusan dan penentuan terakhir adalah terletak pada peneliti itu sendiri.
Sebelum memilih masalah, terlebih dahulu peneliti harus menentukan topik penelitian. Untuk menentukan topik penelitian Narbuko dan Achmadi (2002) menyampaikan bahwa sebelum menentukan topik penelitian, seorang peneliti harus terlebih dahulu menanyakan pada diri sendiri tentang beberapa pertanyaan berikut :
“Apakah topik tersebut dapat dijangkaunya/ dikuasainya (manageble topic)?”
“Apakah bahan-bahan/ data-data tersedia dengan cukup (obtainable data)?”
“Apakah topik tersebut penting untuk diteliti (significancy of topic)?”
“Apakah topik tersebut menarik untuk diteliti dan dikaji (interested topic)?”
Setelah topik ditentukan selanjutnya peneliti harus memilih masalah penelitian yang sesuai dengan topik tersebut. Pertimbangan dalam memilih masalah penelitian agar masalah yang dipilih layak dan relevan untuk diteliti diungkapkan oleh Notoatmodjo (2002), meliputi :
1. Masalah masih baru
“Baru” dalam hal ini adalah masalah tersebut belum pernah diungkap atau diteliti oleh orang lain dan topik masih hangat di masyarakat, sehingga agar tidak sia-sia usaha yang dilakukan, sebelum menentukan masalah, peneliti harus banyak membaca dari jurnal-jurnal penelitian maupun media elektronik tentang penelitian terkini.
2. Aktual
Aktual berarti masalah yang diteliti tersebut benar-benar terjadi di masyarakat. Sebagai contoh, ketika seorang dosen keperawatan akan meneliti tentang masalah gangguan konsep diri pada pasien yang telah mengalami hemodialise berulang, maka sebelumnya peneliti tersebut harus melakukan survey dan memang menemukan masalah tersebut, meskipun tidak pada semua pasien.
3. Praktis
Masalah penelitian yang diteliti harus mempunyai nilai praktis, artinya hasil penelitian harus bermanfaat terhadap kegiatan praktis, bukan suatu pemborosan atau penghamburan sumber daya tanpa manfaat praktis yang bermakna.
4. Memadai
Masalah penelitian harus dibatasi ruang lingkupnya, tidak terlalu luas, tetapi juga tidak terlalu sempit. Masalah yang terlalu luas akan memberikan hasil yang kurang jelas dan menghamburkan sumber daya, sebaliknya masalah penelitian yang terlalu sempit akan memberikan hasil yang kurang berbobot.
5. Sesuai dengan kemampuan peneliti
Seseorang yang akan melakukan penelitian harus mempunyai kemampuan penelitian dan kemampuan di bidang yang akan diteliti, jika tidak, hasil penelitiannya kurang dapat dipertanggungjawabkan dari segi ilmiah (akademis) maupun praktis.

6. Sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah
Masalah-masalah yang bertentangan dengan kebijaksanaan pemerintah, undang-undang ataupun adat istiadat sebaiknya tidak diteliti, karena akan banyak menemukan hambatan dalam pelaksanaan penelitiannya nanti.
7. Ada yang mendukung
Setiap penelitian membutuhkan biaya, sehingga sejak awal sudah dipertimbangkan darimana asal biaya tersebut akan diperoleh. Tidak jarang masalah-masalah penelitian yang menarik akan mendapatkan sponsor dari instansi-instansi pendukung, baik pemerintah maupun swasta.
Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, sebelum melakukan pemilihan masalah penelitian, maka peneliti harus menjawab beberapa pertanyaan berikut agar masalah yang diteliti layak dan relevan (Notoatmodjo, 2002):
1. Apakah masalah yang akan diteliti merupakan masalah yang sedang hangat di dalam masyarakat saat ini?
2. Apakah masalah tersebut benar-benar aada di dalam masyarakat?
3. Sejauh mana masalah tersebut dirasakan? Apakah penduduk atau masyarakat merasakan masalah tersebut?
4. Apakah masalah tersebut mempengaruhi kelompom tertentu, misalnya ibu hamil, bayi, atau anak balita?
5. Apakah masalah tersebut berhubungan dengan masalah sosial, kesehatan ataau ekonomi yang luas?
6. Apakah masalah tersebut berhubungan dengaan kativitas program yang sedang berjalan?
7. Siapa lagi yang tertarik atau terlibat dalam masalah tersebut?
Dengan beberapa pertimbangan dan pertanyaan tersebut, diharapkan akan dapat dirumuskan masalah penelitian yang layak dan relevan, sehingga masalah penelitian memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun aplikatif.

SUMBER MASALAH PENELITIAN KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN
Sebagian besar penelitian keperawatan dan kebidanan lebih banyak bersifat penelitian empiris, karena didasarkan pada kehidupan nyata yang dialami oleh pasien-pasien yang dirawatnya. Menurut Turney dan Noble (1971, dalam Danim, 2003) sumber masalah penelitian empiris dapat berasal dari :
1. Pengalaman pribadi
2. Keterangan yang diperoleh secara kebetulan
3. Kerja dan kontak profesional
4. Pengujian dan pengembangan teori yang ada
5. Analisis literatur profesional dan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

*Yektiningtyastuti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat.: Bagian Keperawatan Maternitas STIKES Al-Irsyad

KEPUSTAKAAN
Danim, S. 2002. Riset Keperawatan: Sejarah dan Metodologi. Edisi I. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Narbuko, A. dan Achmadi, A. 2002. Metodologi Penelitian. Edisi I. Jakarta: PT Bumi Aksara
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

About these ads

33 Tanggapan to “MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN”

  1. vivi Februari 14, 2008 pada 11:53 am #

    sebaiknya lebih lengkap lagi coz kite butuh bangetz.

    Buat neng fifi:
    Makasih sarannya, eh tapi neng fifi juga boleh koq, bikin artikel di coment ini. so, ntar tek upload di halaman yg cocok. thaks ya.

  2. faid April 18, 2008 pada 11:47 am #

    bu yekti,mohon kasih bahan untuk penelitian klinik medikal bedah, maturnuwun.

  3. Putri Mei 5, 2008 pada 3:04 pm #

    Gman cara na bwt dapetn maslah dgn cpat………?

  4. luken Juni 17, 2008 pada 8:57 pm #

    gak tw gua mw penelitian mulainya darimana please bantuin saya

  5. erlinda September 11, 2008 pada 7:19 am #

    minta bantuanya untuk membuat judul KTI BU, COZ DAH BINGUNG banget cari judul apa??????tolooooooong ya bu. makasih sebelumnya.

  6. Wha_wha September 16, 2008 pada 10:31 am #

    Duh,,, bentar lg maw nyusun tp bgingung maw ambil judul ap???
    Hufffzzz

  7. hervi September 19, 2008 pada 3:01 pm #

    mungkin dengan contoh2topik atau judul akan lebih tertarik dech

  8. chivas _reghal Oktober 14, 2008 pada 12:57 pm #

    bantuin cari masalah dunk yang gampang……

    hohohohoho

  9. Ita Oktober 28, 2008 pada 7:42 pm #

    Mungkin materinya sebaiknya dikembangkan lagi bagi memudahkan mahasiswa seperti kami dalam mencari literatur tambahan dalam perkulihan kami. thanks 4 everything

  10. anita Oktober 29, 2008 pada 10:04 am #

    Bantuin nyari ma
    salahnya donk…???

  11. delin November 19, 2008 pada 4:09 pm #

    gimana nich buat KTI??????? STRESSS

  12. Rina supriani November 21, 2008 pada 4:20 pm #

    gimana cara buat dapetin masalah dengan cepat?

    dan dari mana aja kita bisa cari tentang masalah-masalah keperawatan?

    tolongin cari masalah tentang keperawatan medikal bedah.

    thanks b4

  13. ria Desember 6, 2008 pada 12:01 pm #

    mohon kasih contoh penelitian masalah kebinan

  14. elda Desember 14, 2008 pada 4:11 pm #

    aduhhhh,pusinggggg bangett nih gmna nyari judul yg passs bt KTI.

  15. nanda Januari 2, 2009 pada 11:43 am #

    bu bantuin nda dunk cari judul buat prposal D111 kebidanan
    plizzz…
    tolong ya bu..

  16. adi Januari 21, 2009 pada 5:46 pm #

    cemangat!!!!! semoga tulisannya makin banyak dan lengkap sehingga dapat memajukan keperawatan

  17. Vivi Januari 30, 2009 pada 10:26 am #

    Tolong dong crìin judul KTI untuk Akademi Analis kesehatam D3,sush bgt nxrix,,khususx dwilayah NTB ,,TOLONG SEGERA Y,

  18. retha Februari 1, 2009 pada 1:33 pm #

    bahasanya kurang dimengerti
    terlalu sulit dipahami

  19. shiro Februari 3, 2009 pada 12:21 pm #

    asslm…
    bu tolong bantuin ak cari judul buwt bikin seminar dunx…???
    judul yang menarik buat semua orang dan yang lagi up too dete tapi yang berhubungan dengan kebidanan. ditunggu yawh balasannya…

  20. RIZKA Februari 28, 2009 pada 3:57 pm #

    aslm…

    bu.. saya minta bantuannya untuk kasih saya saran tentang masalah penelitian apa yang cocok buat “ADMINISTRASI NEGARA”
    …saya tunggu sarannya…!!!

    Terima kasih…

    waslm

  21. mrewol Maret 17, 2009 pada 9:09 pm #

    Nah Ini yang Masih Mati Suri…
    Cari MaSalaH ko SusaH??!!
    Coba Kalian Ke RUang dOsen, Acak2 tu Bukunya… Jadi Deh mAsaLah….
    He..He..He…

  22. iyankz Maret 23, 2009 pada 11:43 am #

    cariin masalah penelitian teknologi donk???

    mkci….

  23. vesty Maret 30, 2009 pada 7:06 pm #

    bu,minta bantuannya dikit yacch.,.,
    tolong cariin judul proposal penelitian DIII kebidanan.
    maksh ya,,,???

  24. Anonymous Maret 31, 2009 pada 8:56 pm #

    Ktany agr cpt dptin mslh tu hrz fokus tp qko blm jg dpt mslah bngung q..tlog donk..bntuin cri msalah medikal bedah..pleaz..dtunggu ya..

  25. ice Juni 29, 2009 pada 4:58 pm #

    bu.jurnalnya mana???????????????

  26. silvi Juli 28, 2009 pada 7:56 pm #

    buk, bisa ngak tambahan bahan penelitian tentang APN, tuk D3 kebidanan

  27. Audi Agustus 12, 2009 pada 6:06 pm #

    kurang lengkap coba buat metode ilmiah dengan cara merumuskan masalah kan tahu sendiri caranya!

  28. Adhit Herwansyah September 28, 2009 pada 2:24 pm #

    Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami
    http://repository.gunadarma.ac.id

  29. nurmawati Oktober 18, 2009 pada 8:38 pm #

    bu yekti,saya alumni dari AIAI2008 .bantuin gimana bu biar cepet dapat menentukan masalah buat menyusun proposal?

  30. d2k Oktober 27, 2009 pada 9:39 am #

    bingung juga nich mau nyususun tapi blom tau mau ambil judul apa…..

  31. ardi November 9, 2009 pada 4:57 pm #

    basimintak tolong ganbar kan lagi

  32. nurkhasan April 13, 2010 pada 9:35 am #

    eh……….tlng dng cr masalah penelitian pendidikan

  33. nhing fit chayang April 25, 2010 pada 3:20 pm #

    hello tolong dong komentar masalah penelitian itu jauh berbeda tidak dan kalau boleh komentar di pisahakn sama masalah doong soalnya saya mau cari yang satu- astu duluh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: