BRONCHITIS

6 Feb

Bronchitis adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara keparu-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius

PENYEBAB

Penyebab banyak, tetapi yang tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan bawaan saluran napas, tersedak “benda asing”, pneumonia (virus, jamur). Mohon diingat – pneumonia belum tentu karena infeksi bakteri. Jadi – belum tentu perlu antibiotik. Biasanya ditandai dengan batuk lama.

Bronkitis infeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri dan (terutama) organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia). Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderitapenyakit paru-paru dan saluran pernafasan menahun.
Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari: Sinusitis kronis, Bronkiektasis, Alergi, pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.

Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh: Berbagai jenis debu, asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organic klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromine, polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida, tembakau dan rokok lainnya.

GEJALA
Gejalanya berupa: batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan), sesak nafas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan, sering menderita infeksi pernafasan (misalnya flu), bengek, cepat lelah, pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan, wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan, pipi tampak kemerahan, sakit kepala, gangguan penglihatan.
Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti:
pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan.
Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis.
Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.
Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.

Sesak nafas terjadi jika saluran udara tersumbat, sering ditemukan bunyi nafas mengi, terutama setelah batuk, bisa erjadi pneumonia.

DIAGNOSA
Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan gejala, terutama dari adanya lendir.
Pada pemeriksaan dengan menggunakan stetoskop akan terdengar bunyi ronki atau bunyi pernafasan yang abnormal.

Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan: tes fungsi paru-paru, analisa gas darah arteri, rontgen dada.

TATALAKSANA

Mencari penyebab. Bila karena alergi: modifikasi lingkungan sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak, humidifikasi, ekstra cairan, dll

Jika anak kita dinyatakan menderita bronkitis, maka kita harus segera berpikir bahwa “itis” di sini artinya radang/ inflamasi. Penyebabnya belum tentu infeksi bakteri, mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu antibiotik.

PENGOBATAN
Untuk mengurangi demam dan rasa tidak enak badan, kepada penderita dewasa bisa diberikan aspirin atau acetaminophen; kepada anak-anak sebaiknya hanya diberikan acetaminophen.
Dianjurkan untuk beristirahat dan minum banyak cairan.
Antibiotik diberikan kepada penderita yang gejalanya menunjukkan bahwa penyebabnya adalah infeksi bakteri (dahaknya berwarna kuning atau hijau dan demamnya tetap tinggi) dan penderita yang sebelumnya memiliki penyakit paru-paru.
Kepada penderita dewasa diberikan trimetoprim-sulfametoksazol, tetracyclin atau ampisilin. Erythromycin diberikan walaupun dicurigai penyebabnya adalah Mycoplasma pneumoniae.
Kepada penderita anak-anak diberikan amoxicillin. Jika penyebabnya virus, tidak diberikan antibiotik.
Jika gejalanya menetap atau berulang atau jika bronkitisnya sangat berat, maka dilakukan pemeriksaan biakan dari dahak untuk membantu menentukan apakah perlu dilakukan penggantian antibiotik.

Hal yang harus diperhatikan

Harus diidentifikasi jelas dulu, apakah terkena jenis Bronchitis Akut atau Bronchitis Kronis. Ini tentu dari hasil pemeriksaan medis yang biasanya dilakukan lewat hasil observasi dokter, hasil rontgent dada, tes darah, hasil biakan kultur, tes paru-paru.

Kalau ternyata menderita Bronchitis Akut, ada 2 kemungkinan penyebabnya, yaitu infeksi virus atau bakteri.
Gejalanya biasanya berlangsung cepat, kadang parah dan bisa sampai beberapa hari/minggu
Gejala Bronchitis Akut, di antaranya: demam, jika batuk terasa sakit, radang tenggorokan, lendir/dahak berwarna kekuningan dan kental, napas pendek atau napas berbunyi.
Kalau Bronchitis Kronis biasanya karena kebiasaan merokok (tapi balita juga ada kemungkinan menderita Bronchitis Kronis karena selama ini jadi ‘perokok pasif’ alias tinggal serumah/selingkungan dengan perokok aktif). Gejalanya berlangsung bisa sampai bulanan bahkan tahunan.
Bronchitis menular? SANGAT. Biasanya melalui percikan dari penderita yang batuk, bersin atau lewat sentuhan dengan benda-benda yang baru saja digunakan penderita.

Treatment
Jika memang penyebabnya virus (bronchitis akut biasanya disebabkan virus, terjadi setelah mengalami flu atau batuk), penggunaan antibiotik SAMA SEKALI tidak menolong. The best treatment hanya dengan ISTIRAHAT, MINUM banyak cairan, atau gunakan obat penurun demam/nyeri jika diperlukan (misal obat yang mengandung paracetamol, dijual bebas di toko-toko obat).

Dalam beberapa kasus, dokter kadang merekomendasikan penggunaan obat ‘bronchodilator’ untuk mempermudah penderita bernapas

Jika batuk lebih dari 10 hari dan setelah pemeriksaan medis, dapat diidentifikasi bakteri penyebabnya, umumnya digunakan antibiotik karena penyebab bronchitisnya bukan lagi virus.

Jika menderita bronchitis kronis, segera hentikan kebiasaan merokok atau hindari perokok aktif.

Bila perlu gunakan ‘air humidifier’ di kamar untuk membantu penderita mengurangi batuknya.

Pencegahan lainnya, hindari segala sesuatu yang bisa mencetuskan gejala bronchitis, mis. polusi udara atau alergen (hal-hal yang menyebabkan alergi: debu, filter AC yang kotor,zat-zat kimia, dll.)

Untuk mencegah tidak tersebarnya infeksi bronchitis, usahakan menjaga stamina tubuh agar tidak terinfeksi penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Caranya, di antaranya dengan rajin mencuci tangan, punya pola makan dan pola tidur yang baik, jangan dulu berhubungan dekat dengan penderita bronchitis.

Bronchitis Akut (yang umumnya dialami balita) ‘seharusnya’ sembuh sekitar sekian hari hingga 3-4 minggu.

Di salah satu artikel di internet yang saya baca, ada beberapa tips menghindari/meminimalkan gejala bronchitis, di antaranya:

• Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan (yang kaya kandungan antioksidan) telah terbukti mengurangi resiko akibat bronchitis kronis.
• Saat mengalami bronchitis, hindari produk susu dan bahan makanan mengandung gula (sukrosa, fruktosa) karena dipercaya dapat meningkatkan produksi ‘lendir’ saat batuk.

About these ads

66 Tanggapan to “BRONCHITIS”

  1. Untung Prasetyo Maret 11, 2008 pada 1:35 pm #

    Saya sudah 4 bulan menderita bronchitis, sudah diberi obat-obatan dan antibiotik oleh dokter akan tetapi sampai saat ini masih belum sembuh benar karena Dada masih sakit, napas masih pendek dan suara masih belum keluar sempurna, apakah mungkin dilakukan pengobatan alternatif atau Tusuk Jarum ? terimakasih

  2. rofiqahmad Maret 15, 2008 pada 7:55 am #

    Buat Pak Untung Prasetyo, turut prihatin atas kejadian yang sedang dialami Bapak tentang batuk yang sudah 4 bulan yang belum kunjung sembuh, menurut hemat saya, Bapak tetap konsul ke dokter, apalagi sudah berlangsung 4 bulan, coba diusulkan ke dokter yang memeriksa untuk diperiksa lebih lanjut barang kali ada indikasi ke arah TBC, ada beberapa hal yang bisa diarahkan untuk periksa TBC diantaranya batuk telah lebih dari 3 minggu, ada sesak nafas, berat badan menurun, keringat dingin pada malam hari, coba deh kalo tanda-tenda tersebut ada pada diri Bapak sebaiknya dipastikan apakah benar-benar sekedar Bronchitis atau sudah termasuk TBC yang perlu pengobatan spesifik selama lebih kurang 6 bulan berturut-turut. Semoga bermanfaat.

  3. eizza Maret 26, 2008 pada 2:26 pm #

    makasi mas dah di upload tentang apa itu bronchitis,,,eizza salah satu dari sekian banyak orang yang sekitar 2 bulan yang lalu di vonis menderita penyakit ini,,dokter bilang,eizza masi dalam tahap awal,tapi beliaupun menyarankan agar eizza dalam 6 bulan ini rutin melakukan checkup. yang mau eizza tanyain ‘menurut mas Rofiq apakah itu harus benar-benar dilakukan sekalipun eizza merasa baik-baik saja?’makasi ya mas

  4. elenika.m April 6, 2008 pada 12:21 pm #

    saya menderita brochitis tetapi saya belum berobat ke dokter,saya hanya rongent dan untuk saat ini saya hanya mengkonsumsi obat Herbal. yg saya tanyakan apakah baik hanya mengkonsumsi obat herbal tanpa konsultasi ke dokter spesialis paru. terima kasih

  5. Rizal Juni 4, 2008 pada 9:06 pm #

    saya menderita bronchitis ringan..trus obatnya mahal banget..apa ada ynag mau kasih saran tuk obat yg murah..trimss…

  6. Iin Juli 8, 2008 pada 8:07 pm #

    terimakasih sudah memuat info tentang bronkitis

  7. cantikx Juli 9, 2008 pada 8:42 am #

    saya di diagnosa bronchitis oleh dokter saya. apakah itu dapat mnular?

    karena kata dokter saya bronchitis tidak mular..terima kasih

  8. Daud malik Juli 27, 2008 pada 10:08 pm #

    Saya mau tanya kenapa bronkitis saya makin parah?Padahal saya 5 bulan lalu udah minum ciprofloxacyn.

  9. ibu raihan Oktober 13, 2008 pada 8:31 pm #

    anak saya sudah mau jalan 4 bln batukpilek, sdh cek darah sternyata bgs dan bkn alergi, stlh itu difoto torax, dan hasilnya bkn flek, hanya disebutkan oleh doketrnya gejala bronchitis, lalu anak saya pun diberi antibiotik untuk 10 hari, setelah itu akan difoto ulang.apa ada pengalaman ibu-ibu yang pny anak seperti saya?

  10. Purbo November 21, 2008 pada 9:46 pm #

    anak saya sejak bayi bronchitis dan telah berobat 1 th dinyatakan ssembuh namun sampai umur 12 th mudah terkena flu/pilek dan kaadang bronchitisnya kambuh.apa bisa sembuh sempurna bronchitis itu?ada yg mengatakan nanti usia belasan thn sembuh total.

  11. hendra ferizal November 26, 2008 pada 12:08 pm #

    anak saya pernah mengidap bronchitis saat usia 1 tahun,saat itu anak saya menjalani rontgen dan menjalani perawatan rutin selama 6-7 bulanan,sekarang usia anak saya sudah 8 tahun,yang saya mau tanyakan,kenapa kadang2 nafsu makan anak saya tidak bagus dan berat badan yang kurang seusia sekarang,kadang2 masih suka batuk,saya minta penjelasan mengenai obat herbal untuk anak saya….terima kasih

  12. evi Januari 6, 2009 pada 6:33 pm #

    saya sudah hampir 8 bulan mengalami batuk2 flu.
    awalnya saya menderita batuk diobati tdk juga sembuh,foto dada (hasilnya bagus, normal)tp tetap saja batuk,bahkan semakin parah suara hilang dan radang tenggorokan (sehingga sulit makan),saya periksa ke dokter THT,didiaknosa sakit sinusitis,akhirnya saya foto rontgen sinus dan torax (hasilnya memang benar ada gambaran sinusitis maxiliaris kering/tdk ada cairan,Torax : gambaran bronchitis)minum obat,tdk juga sembuh (antibiotik,batuk,flu).sampai dengan hari ini saya masih batuk,apa yg harus saya lakukan agar sembuh??

  13. d'shi Januari 12, 2009 pada 1:02 pm #

    makasih sdh memberi tahu..
    saya difonis bronchitis kronis..
    tapi saya tidak pernah merasakan gejala-gejala yang diberitahukan.
    saya hanya mengalami sesak nafas.
    kira-kira apa yah obat untuk menyembuhkannya?terimakasih

  14. abun Februari 5, 2009 pada 5:55 pm #

    mau tanya ibu saya dikabarkan kena penyakit brinhitis, apakah penyebabnya prokok aktif kebetulan bapak saya perokok yang cukup aktif.

  15. aris Februari 19, 2009 pada 8:23 pm #

    makasih banyak atas informasi yang telah disampaikan, saya baru 3 hari yang lalu saya melakukan foto rontgen dan hasilnya mengatakan saya menderita bronchitis cronis, saya benar2x sedih dan saya bingung mau curhat sama siapa, saya tidak ingin keluarga saya tahu, dan sampai sekarang cuma saya sendiri yang tahun yang ingin saya tanyakan apakah ada obat-obatan yg bisa saya konsumsi untuk memperingan rasa nyeri pada dada saya?

    trima kasih

    • rofiqahmad Februari 23, 2009 pada 12:32 pm #

      Makasih juga udah dateng kesini.
      kalo memang udah positip bronchitis maka perlu penanganan lebih lanjut dengan pemberian anti biotik, bisa dari golongan penicillin. dan untuk mengurangi rasa nyeri bisa menggunakan analgetik metampiron atau antalgin. kalau masih terasa sakit bisa diganti dengan asam mefenamat. tapi sebaiknya konsultasikan aja ke dokter anda. terima kasih.

  16. Winnie Februari 21, 2009 pada 8:45 pm #

    Saya Ibu dg anak berusia 1 thn, waktu hamil kandungan 3 bln saya di opname di RS krn diduga bronchitis/ paru paru basah, selama seminggu diberi terapi uap untuk mengeluarkan lendir. skrng penyakit saya kambuh lg, batuk berlendir yg dalam disertai bunyi di rongga dada saat batuk, Apakah saya harus kembali kedokter atau cukup istirahat dan bnyk minum?

  17. esti Februari 27, 2009 pada 6:57 pm #

    anak saya usia 5 tahun berat badanya hanya 15,22 kg memang sangat kurang bila dilihat dari usia nya,syukurnya dia dalam keadaan sehat tp kata dokter dia terkena bronchitis itu salah satu dari kurang nya berat badan dan dia juga memiliki amandel yg besar tolong mungkin ada yg punya saran bagaimana cara menangani masalah ini trims.

  18. ismi Maret 2, 2009 pada 12:01 am #

    Saya baru saja rontgent dan dinyatakan bronchitis, bersih dr TBC tapi masih mungkin ada bronchitis spesifik. Apa itu bronchitis spesifik ? Saya juga risau karena pasca bypass jantung suami saya, fungsi jantung memompa darah hanya 80% sehingga selalu ada cairan di paru2,sesak nafas dan tiap hari minum lasik. belakangan ini nafasnya bau seperti bau zat kimia yg saya tidak tau tapi baunya agak keras,,, setelah tiap hari dia treadmill 30 menit,,baunya berkurang dan nafasnya tidak sesak lagi. apakah bronchitis saya berhubungan dgn paru suami saya ? apakah bronchitis bs mengarah pd TBC paru?terima kasih

  19. Toet Maret 3, 2009 pada 11:22 pm #

    Anak saya 2,8tahun sering batuk dan dinyatakan bronchitis. Awalnya saya seneng karena mengira dengan diketahuinya penyakit anak saya, dia ngga akan sering batuk lagi. But kebahagiaan itu luntur setelah melihat artikel-artikel di internet yang seolah-olah menyatakan kalo bronchitis tak dapat disembuhkan

  20. iqo Maret 6, 2009 pada 10:03 am #

    bulan novembr 2008 saya di nyatakn terkena brnkts, dan sudah ke dokter. 3 minggu dari dokter dada saya sakit buat bangun dari tempt tidur atau aktifitas yang lain saya tidak kuat karena sakit sekali….. kemudian saya kembali ke dokter di ronsent lagi ternyata paru2 nya terinfeksi dari lendir (dahak yang tidak bisa keluar dan masuk paru2…) atau di katakn gejala paru2 basa, selama 1 minggu lebih saya tidak bisa masuk kantor dan rutin minum obat… sekarang dada saya sudah tidak sakit tapi keliatannya bronkts nya ndak hilang2. sampai sekarang saya tetap batuk tapi dahaknya tidak dapat keluar, pernah keluar warna nya hijau dan sangat kental tapi itu jaarang sekali …gmn dong butuh bantuan nieh….

    • Anonymous Juli 11, 2011 pada 1:38 pm #

      saya positif terkena tbc tapi saya telah berobat rutin selama 7 bulan dan dokter sudah menyatakan sembuh tapi saya masih merasakan panas di dada pada jam 11.00-16.00.saya kembali konsultasi ke dokter spesialis paru-paru namun dan kata dokter saya terkena bronchitis,yang saya bingung kan kenapa setelah saya membuka internet gejala-gejala penyakit bronchitis berbeda dengan apa yang saya rasakan.saya butuh bantuanya untuk mengetahui penyakit apa yang sebenarnya saya alami…….trims

  21. Anonymous Maret 11, 2009 pada 7:17 pm #

    gak penting deh

  22. Najib Maret 18, 2009 pada 7:46 am #

    saya sudah menderita bronchitis dari kecil, sudah hampir sembuh tai tahu kenapa saya belakngan n suka sesak lagi,mohon diberi tahu penangananya

  23. arif Maret 25, 2009 pada 7:13 am #

    thx buat artikelnya. Aku adalah ex-penderita bronchitis, sembuh setelah terapi obat antibiotik selama 3 bulan. Sudah hampir 10 tahun, kemudian menjadi perokok aktif 5 tahun terakhir ini. Hehe.. Jadi tau, bronchitisku yg sekarang tidak bisa diobati antibiotik, karena berdasarkan gejala2nya, kayaknya kena yg akut nih..oke deh, rajin olahraga, minum banyak..siiip siiiip.. Sekali lagi, thx mas buat artikelnya.

  24. hendraferizal April 20, 2009 pada 4:30 pm #

    thanx buat artikelnya,saya mempunyai anak yg prnah menderita bronchitis waktu balita,waktu balita menjalani pengobatan selama 6 bulan…..saat ini usia anak saya 9 tahun…yang ingin saya tanyakan kenapa berat badan anak saya cukup kecil dibanding teman-teman seusianya,kalo mandi harus pakai air hangat sekalipun pake air dingin anak saya langsung pilek…..apakah anak saya belum sembuh? bagaiman dengan adiknya soalnya kalo minum selalu barengan sama kakaknya,apakah bronchitis menular

  25. Anonymous Juli 25, 2009 pada 6:22 am #

    saya baru rontgen thorak dan dinyatakan bronchitis kronis, saya 7 tahun yang lalu perokok berat skg sdh berhenti dan sekarang tdk ada gejala seperti batuk, cepat lelah dada sakit saya merasa sehat dan fit, saya kuat berolah raga saya sanggup bekerja 14 s/d 20 jam sehari, umur saya 43th apa yang harus saya lakukan

  26. bunda ana Agustus 19, 2009 pada 2:39 pm #

    Anak saya 3,5 thn dan dinyatakan dktr bronchitis. Awalnya dia menderita demam smp 39c dan demam itu hanya pada sore dan subuh. Apa itu memang gejala bronchitis? Berdasarkan hsl rontegn memang ditulis bronchitis tp skrg dia tidak batuk dan pilek. Skrg ini dia sedang menjalani rawat inap dgn infus otsu-rl sudah 5 hari.dan blm blh buka infus katanya tkt demam anak saya kambuh lg.selama di rmh skt dia diberi antibiotik yg disuntikkan ke infusannya. Apa memang bronchitis hrs sampe diinfus? Mohon penjelasannya. Trims

  27. Toni September 10, 2009 pada 6:13 am #

    Selamat Pagi Mas,
    Saya ingin bertanya, Bapak saya kemarin baru periksa untuk Paru2nya dengan hasil seperti ini:
    -Corakan Bronchovaskuler bertambah disertai penebalan dan pelebaran dinding cabang bronchus dan peribronchial struktur di lap. atas, tengah dan bawah kedua paru disertai infiltrat.
    -tampak bayangan opak inhomogen di lap. bawah paru kanan.
    -kranialisasi (-)

    KEsan:
    -Cor dalam batas normal
    -gambaran Bronchitis Kronis disertai Bronchiectasi terinfeksi dan Efusi Pleura Kanan.

    Maksud hasil diagnosa itu seperti apa ya Mas?, apakah cukup parah?

    btw bolehkan saya untuk coPas artikel ini di blog saya?

  28. fadhila muthia September 11, 2009 pada 2:52 pm #

    nama saya fadhila muthia.umur saya baru 10 tahun.
    saya terserang penyakit bronchitis.saya terserang dari umur 09 tahun.apakah penyakit bronchitis pada anak itu berbahaya?saya pernah membaca dibuku katanya penyakit bronchitis itu berbahaya!
    tolong dibalas ya

  29. fadhila muthia Oktober 17, 2009 pada 1:58 pm #

    nama saya fadhila muthia.saya baru berumur 10 tahun.saya menderita penyakit bronchitis ini sejak saya berumur 08 tahun,tapi sampai sekarang penyakit saya belum sembuh juga.apakah penyakit bronchitis ini berbahaya bagi saya?

  30. hulk999 Oktober 18, 2009 pada 4:17 pm #

    thanks untuk infonya.
    aku dari kecil sudah menderita bronchitis.
    penyakit ini jarang-jarang kambuh.
    tapi sekali kambuh, wah berat tuh urusannya. dimulai dari flu biasa, batuk ringan sampai batuk berdahak. seperti tulisan di sini, sampai dahaknya berwarna kuning kehijauan, obat-obat biasa nggak mempan. sekali lagi, thanks untuk infonya.

  31. rida Oktober 23, 2009 pada 6:48 pm #

    saya udah lama terkena bronchhitis dan udah sering di terapy….apa yg harus sy lakukan biar gak kambuh terusss..

  32. moncrot November 15, 2009 pada 10:12 am #

    yak ampuun.. barusan saya minum susu beruang campur madu. salah maning inyong.

  33. Anggi November 19, 2009 pada 10:01 pm #

    Selama 3bulan ini Saya sakit flu ga sembuh2.
    Kenapa ya?
    Dada sering sakit, sakit kepala, demam, sakit punggung, & mata sering pedih.
    Ap ini gejala bronchitis?

  34. ADEIRA November 24, 2009 pada 10:28 am #

    SELAMAT PG P,,
    SY ADE BR KELUAR DR RMH SAKIT KRENA SAKIT LAMBUNG N BRONKHITIS KT Dr…EMANG SIH SY SESAK NAFAS IDUNG TERSUMBAT GT DEH,,KIRA2 APA YG HRS SY LAKUKAN P,,,K DOKTER UDH tRAPI UDH K PENGOBATAN ALTERNATIF JG UDH…SOLUSI NYA APA Y P?

  35. supriyanti Januari 18, 2010 pada 1:12 pm #

    pengobatan bronkhitis coba dabuka sisus. http://www.obatsaya.com alternatif pak wienarto jepara nama pengobatannya.

  36. hanif Januari 28, 2010 pada 8:05 am #

    Thanks for good artikel.

  37. Dellina astri widya Februari 21, 2010 pada 12:32 pm #

    saya punya penyakit Bronchitis… blh gug saya kedingan… kata orang2 saya gug blh kedinginan

  38. via April 5, 2010 pada 10:23 am #

    apa benar sya terkena pnykit bronchitis,,,yg sya rsain skrg punggung sya srg skit,,dan nyeri nya smpai prglngan tangan…dan itu cma sblh yg sya rsain….tlg bri pnjlsan nya…dan sya hrus bgaimna

  39. via April 5, 2010 pada 10:24 am #

    apa benar sya terkena pnykit bronchitis,,,yg sya rsain skrg punggung sya srg skit,,dan nyeri nya smpai prglngan tangan…dan itu cma sblh yg sya rsain….tlg bri pnjlsan nya…dan sya hrus bgaimna.trmksh

  40. Tri heriyanto Mei 1, 2010 pada 9:36 am #

    1bln lalu saya kena bronkhitis dan DBD, 5 hr di RS rawat inap, kata dokter saya tdk perlu berobat yg spesifik karna sdh diobati waktu di RS. 1. Apakah gejala batuk pd bronkhitis batuk yg bertubi tubi atau kayak orang mendehem aja? 2. Skrg yg saya rasakan sakit di punggung, demam ringan dan batuk kayak orang mendehem aja dan itupun jarang. Apakah bronkhitis saya msh blm sembuh? Apa yg hrs saya lakukan? Mhn pencerahanya, mhn tanggapan di krim ke email saya hrynt83@yahoo.co.id Terima kasih

  41. ridhiawan utama Mei 8, 2010 pada 1:10 pm #

    teman saya menderita bronchitis sudah dari 6 tahun yang lalu, kanya itu penyakit turunan, bagaimana cara untuk menyembuhkan bronchitis yang sudah menahun seperti itu?
    terima kasih

  42. adhitya Mei 29, 2010 pada 12:40 pm #

    assalamualaikum???
    saya punya saudara yang sudah mendrita bronchitis sejak kelas 1smp sampai kelas 1sma juga belum sembuh-sembuh…
    jika sudah kumat(sesak nafas)sulit sekali berhentinya…..
    bisa minta tolong kasih saran dok agar penyakit saudara saya bisa cepat sembuh…padahal sudah sering kedokter,hingga masuk rumah sakit juga,….saya tunggu jawabanya segera dok….
    terima kasih…..

  43. Diana Juni 7, 2010 pada 3:49 pm #

    Anak sy umur 7 th,dan di nyatakan terkna bronhitis akut,stelah pengobatan 3 sampai 6 bln,kembli d roncen,dan ternyata TB paru aktif,d lanjutkan smpai 9 bln pengobatan,dan tidak ada kemajuan,saya hentikan.duh sedihnya hati saya,badan nya kurus umur 7 th brat cuman 16 kl,pa yang hrus saya lakukan…

  44. meme Juni 10, 2010 pada 3:52 pm #

    terima kasih atas artikelnya. Sehingga saya bisa tau dg jelas tentang bronchitis..

  45. dick Juni 21, 2010 pada 10:15 pm #

    saya terkena batuk hampir 10bulan dan kta dockter bronchitis .batuknya ringan hanya dlam kondisi tertentu sja tapi kadang batuknya sampai sedikit keluar darah pd dhaknya dan biasanya terjadi pd pagi hari….apakah penyakit sya tergolong parah..pa da kemungkinan bsa sembuh total…sy tunggu balasannya terimakasih.

  46. Yohanes Cahyadi Juli 15, 2010 pada 1:16 pm #

    Anak saya usia 6,8 thn menderita bronchitis. Sudah pengobatan dokter ternama 2 kali @3 bulan, tapi masih kambuhan. Repotnya lagi dia termasuk overweight, 36 kg. Kasihan liat tiap hari minim obat. Dengan senang hati bila ada yg menyarankan untuk saya bisa meramu obat herbal yang aman, saya akan mencoba. Terimakasih.

  47. Erick Agustus 11, 2010 pada 7:16 pm #

    Sya menderita bronhitis mulai thun 2007 tp sampai sekarang blum sembuh juga.Obat apa yang bagus untuk saya komsumsi? Makasih

  48. wayah Agustus 11, 2010 pada 8:02 pm #

    terimakasih atas artikel yg luar bisa dan banyak manfaatnya.
    pak ahmad sy pnya anak usia 2,5 th.pd usia 7 bln di diagnosa bronchitis kmdan di test mantouk + kmdan mnjalani pengobatan tb 6 bln,stlh 6 bln foto thorak dinyatakan bersih,usia 18 bln anak sy sering batuk2 lagi sy periksakan k dokter anak yg sama katanya bronkitisnya berulang,kmdian pengobatan tb lagi 6 bulan,stlah 6 bulan ft thorak dinyatakan membaik dilanjutkan pyravit sirup 3 bulan.tapi ank saya kok tetap msh batuk2 treus berat badan tidak naik2????kenapa ya pak???terimakasih

  49. aliya Agustus 14, 2010 pada 8:16 am #

    saya seorang singer, 3hari dalam 1 minggu saya kerjanya pada pool & cafe, musro. 2007 s/d 2009 saya batuk saya kira cuma batuk biasa slama itu cm mnm woods nafas makin bengek,tumbuh gatelan ditangan. lalu kerumah sakit saya difonis bronkitis tapi sayalupa tanya bronkitis apa.karna pengobatan terlalu mahal ya saya cm berobal 1x. apakah bronkitis ky TBC kalau berobat nga selesai bs kebal?
    nah bagaimana dengan saya yang selalu jadi perokok pasif? apakah ada tips buat saya agar sembuh dari bronkitis?
    ini aja kumat lagi 1hari sebelum ramadhan tp saya cm mnm obat warung aja.

  50. abdullah syarif Agustus 18, 2010 pada 6:40 pm #

    Saya berterimakasih atas artikelnya.krn sangat berarti bagi proses pengobatan putra kedua usia 6 tahun saya yang trkena bronchitis.

  51. yohana Agustus 21, 2010 pada 10:05 am #

    Saya punya anak laki2 bernama KELVIN berumur 3 tahun. minggu yg lalu gejala awalnya hanya batuk & pilek tp pd malam hari anak saya demam tinggi dan lsg saya bw kedokter dan diberikan obat oleh dokter. Tapi panasnya pd hari ketiga setelah obatnya juga habis tidak juga turun panasnya dan batuk terus menerus smp saya merasa kasihan melihat anak saya. Lalu saya bawa lagi kedokter dan melakukan tes LAB darah yg takutnya ada sakit yg lainnya (TYpes & DBD krn panasnya sdh hari ke-4 tdk juga turun), hasilnya tdk ada Types & DBD hanya ada virus kata dokter. Dan akhirnya dokter menyatakan bahwa anak saya sakit bronkitis dan menyuruh saya utk melakukan fisioterapi utk mengatasi lendir/dahaknya utk anak saya KELVIN selama 3xhari pagi dan sore hari.walaupun sdh melakukan fisioterapi panasnya sampai hari ke-5 tdk juga turun. Dan saya lakukan memberikan anak saya itu minum yg banyak (air hangat)dan menjemur dipanas matahari pagi. Dan panasnya tdk juga turun pada hari kelima. Dan disetiap badannya panas saya balurkan ke seluruh tubuhnya dari kepala smp kaki dgn PUTIH TELUR Ayam KAMPUNG dari pagi smp malam, dan puji TUHAN pd esok pagi dan seterusnya panas anaknya reda/turun. Apakah bronkitis itu bisa terjadi dari bulu peliharaan binatang rumah seperti Anjing? Dokter bilang bronkitis pd anak saya msh ringan dan msh bisa sembuh.

    Terima kasih

  52. andra Oktober 13, 2010 pada 11:13 pm #

    saya sudah pereksa kedokter dan dokter bilang saya menderita bronchiti.
    pertanyaan saya apa penyakit saya parah, krn saya sudah menderita penyakit ini sudah hampir 10 tahun. karena selama ini tidak ada keluhan. tapi sekarang dada saya sering sakit, dan nafas saya sesak…
    thanks

  53. Anonymous Oktober 25, 2010 pada 5:55 am #

    Ketika cek Up K Dok THT sy D Vonis menderita amandel kronis dn hrz sgr d lakukan operasi …
    Ttp pd saat melakukan test lab & ronsen malah sy d nyatakn Bronchitis. Sy bc d internet apkh bnr pnykt Bronchitis yg sy alami skrg krn pengaruh dr pembengkakan amandel yg sy derita mohon info ny …

  54. Anonymous Oktober 29, 2010 pada 9:59 pm #

    Mas sy mw tnya,
    sy dl wkt sd kl7 1,ktnya kna brnkts tp blm prah,slma bbrpa bln sll mnum obat trz.
    hngga akhrna klz 2 sd dnytkn smbuh..
    tp slma 13thn pnantian sy,tbuh sy ttp kurus n tdk b’kmbg.dgn bobot hanya 35kg
    uda byk usha sy jlni mlai mnum susu penggmuk,tp ttp g bs gmuk.
    sy sll tkanan btin dgn tbh krus sy nie.
    apa da hub. antra pnykt sy dl dgn tbh sy.
    lalu bgmna solusinya spy biar gemuk n ideal.
    mhon djwab n dkrim d email sy.
    trma ksh byk..

  55. rika_dutzzz Desember 13, 2010 pada 9:06 am #

    kebetulan dALAM DISKUSI bersama temen2 kami membahas tentang bronchitis…
    mw tnya, anak tersebut menderita rhinitis alergi selama 6 tahun kemudian selama 6 bulan terakhir diketahui bronchitis, padahal dia tdk merokok. tp semasa kecil dia tidur dengan ibunya yg penderita asma. mendapatkan resep untuk rinitis alerginya.. diasumsikan anak tersebut berumur 10 thn, dan asumsinya lagi bapaknya merupakan perokok aktif dan kemungkinan mengalami bronchitis dari anak tersebut mjd perokok pasif. yg ingin ditanyakan apakah perlu uji tes sputum lg mengingat bronchitisnya terjadi selama 6 bulan( sdh termasuk kronis).
    mksh mohon balas di email sayaaa…
    Rika.

  56. naura Januari 14, 2011 pada 12:48 pm #

    ass…tlog bantu sy, kk sy btk2,sdh lm skl sktr 7 thn, sdh komsumsi obat TB slm 6 bln, namun fisikx tdk seimbang, apalg klu kerja keras pasti sesak nafas,batuk,lemas smpai skrg,sy sangat kasian,sedih melihatx apalagi Badan kecil,BB turun truss, kurang nafsu makan, kurang tidur, padahal cm satu2x saudara sy,,,mn biaya mahal dg ht nuraniku sy kumpulkan biaya u foto,,,,nah kemaring tgl 12 jan 2011 sy antar u foto, dan hasil foto menurut diagnosa dokter bronhitis lama, asma,n pembengkakan jantung,,,jd sy sangat khawatir.,.obat apa y cocok,disamping biaya sangat mahal,
    apakah bronhitis itu tdk menular ???

  57. pandawalimatsrt@yahoo.com Januari 18, 2011 pada 9:54 am #

    saya merasa kalo senam pagi sebelum mandi napas terasa sesak sekali dan mudah cape, bagaiman solusinya ya, mohon penjelasanya, emeng saya merokok sampai saat ini di kira2 dalam satu bungkus bisa satu minggu baru habis, karna merokoknya setelah makan siang,

  58. Aldo Januari 19, 2011 pada 5:57 pm #

    Trimah kash sdh mnglarkan informsi tntng, pnyakit bronchitis…
    saya jg pndrita bronhitis tpi,blum trlalu prah…

  59. Anonymous Januari 27, 2011 pada 7:09 am #

    saya anis hampir 2taun batuk tak kunjng sembuh,sembuh 8 bulan kambuh lg bgtu solusinya,sya sering kdokter hasilnya kalau saya minum obat aj sembuh tp kalao gk minum obat kmbuh lg kra2 obat ap ya dok yg bsa saya konsumsi yg tanpa efek samping

  60. eyeg Mei 8, 2011 pada 2:34 am #

    ass….
    apa kah orang yg terkena bronchitis pertumbuhan badannya akan terganggu, (tidak bisa gemuk)??????

  61. fitha Juni 11, 2011 pada 12:48 pm #

    mas saya mau tanya, kata dokter kakak saya kena bronkitis. tapi belun ada tindakan apa-apa. gejalanya sering batuk sampai muntah, terus menggigil, gak bisa kena udara dingin, langsung panas kalau kelelahan, dan batuknya itu lho, ngeri banget. apalagi pakai sesak napas.
    kasih saran kesaya ya mas. tentang obat sekaligus penanganannya. karena kakak saya punya anak umur 1 th.mohon balasannya ya, saya tunggu. trims

  62. Blog Nursing Care Plan Juni 23, 2011 pada 3:24 pm #

    Good Articles….
    Blog Nursing Care Plan

  63. Wien Juni 23, 2011 pada 5:12 pm #

    Saya penderita bronchitis ringan, dulu sering kambuh tapi setelah saya mengkonsumsi kelapa hijau atau kelapa muda bakar yg dicampur dg kuning telur ayam kampung 1 atau 2 kali seminggu bronchitis saya hampir tidak pernah kambuh lagi.

  64. Ermanu Juli 2, 2011 pada 10:37 pm #

    setiap saya kedinginan,telat makan trus kembung,alergi debu..smua itu akhirnya bikin aq sesak nafas,apakah ini tanda bronkitis?? Akut? kadang batuk lendir warna bening seperti lem…benarkah Bronkitis?waktu kondisi kecapean jg sesak nafas…mohon saran dan himbaunya..ThankS…Ermanu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: