APLIKASI NANDA, NIC dan NOC

18 Feb

Oleh: Ahmad Rofiq 

Beberapa hari yg lalu, tepatnya sabtu, 16 Pebruari 2008,  STIKES Al-Irsyad Cilacap menyelenggarakan acara workshop keperawatan tentang aplikasi Nanda, Nic dan Noc. Selaku pembicara Yektiningtyastuti, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Mat., Puket 1 Stikes Al-Irsyad Cilacap dan Darmini, S.Kep., Ners, Clinical Instruktur (CI)  RSUD Margono Purwokerto.

Kesan yang saya tangkap sebagai peserta, bahwa workshop ini hanya sebatas membahas bagaimana cara membaca dan menggunakan buku diagnosa keperawatan versi Nanda, Nic dan Noc. Proses pembacaan dan peggunaan yg njlimet menjadi sebuah keharusan bahwa penggunaan softwer atau perangkat lunak sistem komputer menjadi sebuah keharusan agar aplikasi “triple N” ini dapat dijalankan dan diterapkan di rumah sakit. Sekali lagi tanpa dukungan softwer tsb, maka omong kosong kalau aplikasi ini dapat digunakan scr optimal.

Permasalahannya adalah bagaimana pengadaan softwer ini terutama dalam versi Indonesia, mengingat sebagian besar perawat kita tidak melek bahasa asing. Tentu ini sebuah pekerjaan tambahan ditengah terbengkelainya beberapa program prioritas yang konon sedang diurus tapi belum membuahkan hasil. Mulai organisasi keperawatan yg masih carut-marut sampai rancangan undang-undang keperawatan yang mangkrak.

Kalau sekedar keterbatasan finansial, saya kira bukanlah persoalan ya perlu dibesar-besarkan, mengingat jumlah perawat di negeri ini yang tidak kurang dari 1 juta perawat yg tersebar di seluruh nusantara. Artinya kalau kita mau iuran seribu rupiah saja, maka akan terkumpul dana 1 milyar.

Kembali ke permasalahan softwer. Kalau pembuatan softwer ini tidak difasilitasi dalam skala nasional, maka akan muncul aplikasi versi rumah sakit A, B, C dan seterurnya, kemudian mereka merasa mempunyai dan memiliki lisensi terhadap softwer dimaksud, belum lagi kalau diklaim oleh pihak diluar keperawatan, akan seberapa banyak lagi aset keperawat yang akan dicaplok oleh profesi lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: